June 25, 2019

13 Hours of Labor

Hari ini gue mau sharing pengalaman melahirkan Kai di Oktober 2017. Sebenernya gue pengennya tanggal 30, biar pas sama tanggal pernikahan gue sama Tama. Tapi ternyata maju 3 hari.... Ya enggak apa-apalah yang penting Kai-nya sehat aja udah jadi kado pernikahan terbaik :)

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya - dr Karmini Srimastuti, SpOG & dr Caessar Pronocitro M.Sc, Sp.A


Selasa, 24 Oktober 2017

Gue sama Tama waktunya check kehamilan, karna mulai minggu ke-36 udah harus check seminggu sekali. Kata dr Karmini kalau tanggal 29 belum lahir dan belum kontraksi juga harus diinduksi, karena air ketuban gue udah mulai berkurang. Terus gue disuruh CTG baby-nya beserta ngecekin ada kontraksi apa enggak. Hasilnya sih bagus ya, cuma emang belum ada kontraksi aja.

Rabu, 25 Oktober 2017
Ditanggal itu adalah senam hamil gue yang kesekian saking seringnya. Di hari itu pas banget lagi ada sharing session sama dokter Caessar seputar Asi. Abis sesi senam hamil gue barengan gitu sama ada ibu-ibu gitu galau kok ga lahir-lahir. Abisan gue denger orang 37 minggu atau 38 minggu udah pada lahiran, kok gue udah mau masuk 40 minggu ga lahir-lahir. Padahal berenang rutin udah, jalan kaki sebelum renang udah, jalan jongkok mundur udah, senam hamil terus juga udah... Gue pun nanya-nanya tanda-tanda persalinan dan harus segera kerumah sakit kapan ke Bidan Venny, kata doi kalau ada flek, dan mulai kontraksi 5 menit sekali, barulah ke RS. Ditengah kegalauan gue pas sampe rumah, pas gue ke WC tetiba gue flek. Baru diomongin padahal... Gue pun mulai pakai pembalut, dan istirahat di kamar. Mulai deh nyat-nyut kontraksi gue dimulai, tapi masih gue bawa santai.

Kamis, 26 Oktober 2017
Sesekali masih gue rasain ada kontraksi, gue paksa jalan jongkok mundur, gue bawa joget-joget heboh. Terus siangnya gue pesen Hokben, karena tetiba gue laper dan pengen mayonesnya Hokben. Kira-kira pas malem jam 7-an Tama balik kantor, gue mulai kontraksi 10 menit sekali, tapi masih bisa dibawa ngobrol. Paling gue minta tolong Tama itungin berapa menit sekali, kadang 7 menit. Terus gue udah mulai 5 menit sekali gue Whatsapp ke Bidan Venny dan telpon ke RS, katanya kalau udah  5 menit sekali dan ga kuat langsung aja ke RS. Gue masih tahan terus, gamau buru-buru ke RS. Karena gue pikir kalo sakit di RS gue gabisa nunggang-nungging, kalo dirumah mau guling-guling juga ga apa-apa.

Jumat, 27 Oktober 2017
Sesekali gue kebangun karena kontraksi. Tapi pas jam 2 pagi, gue bangunin Tama buat siap-siap ke RS, karena udah mulai ga asik sakitnya. Hospital Bag pun dibawa ke mobil, beserta Tama bawa baju dan tas kantor, dia pikir mungkin sempet kali ke kantor. Gue pun naik mobil jam 2 pagi ke RS, dan dimobil tetep ngitungin berapa menit sekali kontraksinya. Sampe RS gue langsung naik lift ke delivery suite, dan ketemu bidan yang lagi bertugas disitu. Ganti baju, dan gue dicek dalam, dilihat ada pembukaan atau engga. Katanya kalau ga ada pembukaan mungkin disuruh pulang dulu.

Pas di cek dalam ternyata ketuban gue ikutan pecah, alhasil gue yang pengen turun dari kasur gaboleh turun lagi. Gue lumayan stress itu... Udah bawa speaker portable, ya maksudnya mau joget-joget biar cepet pembukaan, taunya gaboleh turun kasur sama sekali. Dan gue disuntikin antibiotik supaya ga infeksi, karena ketuban gue udah pecah. Rasanya udah nyat nyut nyat nyut, ternyata masih pembukaan satu lebar.

...yailah

Pas masuk delivery suite, gue ditanya mau makan apa. Karena penting banget ngisi perut, supaya ada engerginya buat persalinan. Gue minta bubur ayam. Terus mulai gue liatin jam, dan pembukaan lama-lama naik ke-3, 4, 5. Ternyata sakit kontraksinya makin-makin, gue inget sih pas disenam hamil yang penting adalah pengaturan nafas... Kalo lagi ga kontraksi gue sempet becanda dikit, abis itu tarik napas buang napas... Abang gue yang kedua sempet dateng, dan nemenin gue pas kontraksi juga... Dibeliin lah gue dan Tama MCD. Terus nyokap juga dateng.

Jam 9 pagian ternyata dokter Karmini udah standby buat gue lahiran, tapi beliau masih diruang tunggu dokter. Emang gitu sih, pas pembukaan lengkap baru nanti megang gue, tapi pas tau beliau udah dateng gue lega banget. Dan dokter spesialis anak yang standby pas gue lahiran adalah dr Caessar Pronocitro, kebetulan gue udah kenal pas waktu beliau ngisi sesi tentang ASI di Senam Hamil tanggal 25 Oktober.

Nah, pas pembukaan 9 gue mulai panik kesakitan plus rasanya mau ngeden kaya mau rekob, sampe gue bilang ke Tama, "Aku mau rekob." Tapi bidan-bidannya pada bilang, atur nafas aja 'hah hah huh' gitu. Tama megangin tangan gue juga selama kontraksi, ngelus-ngelus gue, alihin gue dari sakit. Bidan-bidan yang standby dari shift pagi sampe shift sore juga gantian ngelus-ngelus punggung gue. Jujur kalau lagi kontraksi itu enakan duduk, kalau tiduran rasanya lebih sakit.

Jam 14.00 Siang pembukaan gue lengkap, malah engga sakit, dan diharuskasn mengejan untuk ngeluarin bayinya. Selama senam hamil gue selalu dibilang bagus pas latihan mengejan, eh pas hari H malah ga keluar-keluar. Gue bingung padahal nafas gue udah bener, ngejannya juga udah bener. Tapi ada kali berkali-kali coba ga keluar-keluar dan ga sakit sama sekali. Pas crowning juga makin bingung gue, pada heboh "Kepalanya udah keliatan!!" tapi kenapa ga keluar-keluar. Dokter Karmini kaya nyemangatin gue gitu, "Ayo mbak dikit lagi nih" sambil ketawa-ketawa. Beliau super sabar dan nyantai gitu ga bikin gue panik. Sama sekali ga galak, dan nenangin banget. Gue kaya yaampun seneng banget dapet dokter obgyn dia... Makanya beliau juga udah pengalaman banget ya, apalagi beliau pro normal, makin happy lah gue...

Detak jantung bayi juga dipantau terus, karena kalau detak jantung bayi gue mulai lemah kemungkinan kata suster bakal di SC (mereka bisik-bisik, yang denger nyokap gue ngasih tau ke gue setelah lahiran). Setelah hampir sejam pas 14.57, gue ngejan sekali lagi, di episiotomi sama dokter, dibantu dorong sama Tama dan 3 bidan, akhirnya Kai lahir juga... Ternyata lehernya kelilit tali pusar, makanya ketahan... Gue langsung keluar air mata pas ngeliat Kai, langsung gue peluk dan nangis bareng Tama.

Si Kai enggak nangis pas lahir tapi matanya melek dan nyantai aja gitu. Setelah itu dokter Caessar megang si Kai sterus dimasukin selang ke mulut dan hidungnya buat disedot slime sama cairan ketubannya baru dia nangis. Tama sih yang ngeliat, dokter Caessar super sigap gitu dan cepet banget penanganannya buat ngecek-ngecek bersiin dan lain-lain. Dan dokter Caessar juga udah standby dari jam 9 pagi dong, padahal doi ada jadwal praktek ditempat lain jam 1 siangan, tapi karena nungguin gue jadinya doi stay deh. Alhamdulillah dapet dokter-dokter yang baik hati sabar nungguin gue :") *terharu*

Setelah itu gue dijahit, mayan berasa juga padahal udah dibius lokal. Tapi udah lahir bayinya sih jadinya ga terlalu berasa, gue ngobrol-ngobrol aja sama dokternya dan Tama. Habis gue dijahit gue sama Kai langsung IMD. Gue bingung gitu ini anak malah maju-maju sampe leher gue. Gue ngakak dong tapi ya seneng lah udah lahir, terus matanya melek sama mulutnya mangap-mangap nyariin toket. Setelah IMD Kai dibawa keruang bayi, dan gue disuruh pindah kekasur yang bisa didorong ke kamar inapnya, yaudah gue duduk abis itu loncat kekasur buat dianter ke kamar inap.

Sesampainya dikamar inap gue pengen banget bareng Kai, tapi ternyata harus diobservasi dulu 6 jam. Jadi ya gue nunggu aja gitu dikamar sambil rebahan. Tapi setelah 3-4 jam gue gak tahan mau pipis. Dan gue ogah banget pipis dibantuin suster lagi dikasur, jadi gue turun kasur dan jalan sendiri.

Ya... itu salah satu keuntungannya lahiran normal, bisa langsung halan-halan. Nyokap gue sampe kaget gue baru kelar lahiran udah jalan sendiri. Ya abis kebelet pipis, gimana dong...

Jam 21.00 baru bayinya dianter ke kamar gue sebentar, gue super gemes gitu... Bulet banget pipinya, kata Tama si Kai kaya anak Mongolia :') Nyokap mertua gue dari Batam langsung cus naik pesawat buat dateng nengokin gue dan Kai, ade ipar gue juga naik gojek dari depok sampe bintaro langsung dateng. Abang gue yang kedua juga dateng lagi malemnya, setelah balik kantor.

Pokoknya buat Tama, Nyokap gue, abang-abang gue, mertua, dokter Karmini, dr Caessar, Bidan Venny, Bidan Sani, bidan-bidan, suster-suster, dan tim medis RS Pondok Indah Bintaro yang namanya gabisa gue sebutin satu-satu, terima kasih banyak atas support dan tindakan kalian, semoga Allah memberkahi kalian semua :)

No comments:

Post a Comment